Skip to main content

segala sesuatu tentang gunung

Cara Menanam Semangka

Cara Menanam Semangka

Tags:

Berbudidaya tanaman sangatlah menyenangkan, apalagi lahan akan ditanami berbagai jenis tumbuhan yang mampu memberikan manfaat seperti halnya cara menanam semangka. Anda tak perlu repot membeli di supermarket maupun pasar, karena kini hanya tinggal menunggu panen.

Bagaimana Cara Menanam Semangka yang Baik dan Benar?

Sebagian besar masyarakat Indonesia sangat menyukai bercocok tanam, meskipun memiliki pekarangan rumah yang luas maupun sempit sekalipun. Salah satu kegiatan yang menjadi favorit mereka adalah proses menanam tanaman buah seperti halnya pada semangka ini.

Siapkan Lahan Tanam Anda

Langkah pertama yang pastinya harus disiapkan ialah mempersiapkan lahan tanam untuk ditanam buah semangka. Ada tiga syarat yang seharusnya dipenuhi yaitu pH tanahnya, jenis tanah dan juga ketinggian serta suhu di daerah tempat tinggal. Itu karena buah semangka membutuhkan daerah yang memiliki suhu kurang lebih sekitar 25ºC agar dapat tumbuh serta berbuah sesuai potensinya. Semangka juga dapat tumbuh pada tempat yang udaranya terkenal lembab. Curah hujan yang cukup baik bagi semangka ialah 40-55 mm tiap bulan.

Pilihlah Bibit yang Berkualitas

Langkah selanjutnya ialah pemilihan bibit yang berkualitas. Hal ini sangat perlu Anda lakukan supaya hasil panennya nanti bisa menghasilkan buah yang kualitasnya juga tinggi dan pastinya memuaskan. Ada beberapa cara agar dapat memilih bibit yang bagus.

Pertama-tama, Anda bisa menanyakan kepada penjual bibit atau bahkan petani yang profesional dalam hal bercocok tanam seperti ini, selanjutnya Anda perlu mengetahui jenis semangka apa yang ingin ditanam. Setelah yakin akan pilihan tersebut, langsung beli saja bibitnya.

 Cara Menanam Semangka  

Penyemaian Pada Bibit Semangka

Kemudian lakukan proses penyemaian pada bibit semangkanya, hal ini sangatlah penting dilakukan karena dapat mempengaruhi buah semangkanya agar tumbuh dengan maksimal.

Cara melakukannya, siapkan media tanamnya serta pupuk kandang, bersihkan tanah dari hama. Lalu carilah lahan yang dapat membantu dalam proses pengawasan benih, kemudian siram dengan air secukupnya saja supaya tanah tidak kering.

Setelah proses penyemaiannya selesai, Anda hanya perlu menunggu hingga bibit semangkanya tumbuh.

 

Seperti itulah poin-poin penting yang harus diperhatikan dalam cara menanam semangka yang baik dan benar. Agar tak salah dalam bercocok tanam, ada baiknya meniru atau memperhatikan proses dari cara tersebut supaya tidak salah langkah.

Sumber : https://www.kebun.co.id/