Skip to main content

segala sesuatu tentang gunung

Metode Pertanian Organik yang Banyak Manfaat

Metode Pertanian Organik yang Banyak Manfaat

Banyak masyarakat yang saat ini sudah beralih ke metode pertanian organik untuk menghasilkan hasil unggul. Bahkan bukan hanya dalam negeri saja melainkan beberapa produk sudah masuk pasar internasional, karena kualitasnya yang bagus.

Beberapa Metode Pertanian Organik

Semua jenis tentu memiliki metode masing masing yang bermanfaat untuk memunculkan hasil yang baik. penggunaan bahan kimia sendiri jika berlangsung lama akan membuat tanah semakin tidak subur. Berikut ini metode yang ada di dalam pertanian organik:

1. Pemupukan (Fertilizer)

Tanah yang subur bisa tercipta dari  penggunaan pupuk organik yang tepat, sehingga penting bagi para petani beralih pada produk tersebut. hambatannya adalah jenis tersebut prosesnya jauh lebih lama dibanding dengan kimia, namun secara manfaat jauh lebih banyak.

pupuk organik dapat menambah unsur hara dalam tanah dan memunculkan mikroorganisme yang dapat menyuburkan media tanam tersebut. harapannya adalah selain mendapatkan keuntungan juga bisa merawat alam agar tetap terjaga.

2. Pengendalian hama (Pesticide Matter)

Proses pengendalian hama dengan metode pertanian organik dapat menjadi solusi terbaik karena bahan dasarnya sendiri diambil dari alam. Tujuannya agar dapat meminimalisir dampak buruk yang ditimbulkan misalnya pencemaran tanah, udara, dan lainnya.

Pestisida organik berasal dari sumber alami termasuk organisme seperti bakteri Bacillus thuringiensis yang ampuh untuk membasmi ulat bulu. Selain itu produk dari jenis seperti tembaga diperbolehkan namun dalam kadar tertentu dan tidak jangan berlebihan.

Metode Pertanian Organik yang Banyak Manfaat

3. Perawatan

Perawatan sendiri menggunakan beberapa teknik seperti menyiangi, menyiramnya setiap pagi serta sore hari, mencukupi nutrisi tanaman dengan pemberian pupuk organik. Hal penting yang sering diabaikan adalah pengecekan secara rutin.

Tentunya dalam sistem ini semua memanfaatkan perlengkapan yang ramah lingkungan. Sebagai contoh untuk mengendalikan hama selain menggunakan pestisida adalah kontrol biologis yaitu dengan memanfaatkan musuh alaminya.

Penjelasan terkait metode pertanian organik tersebut dapat dijadikan referensi agar alam tidak semakin rusak karena ulah manusia. Penggunaan secara bijak sangat dibutuhkan sebagai sistem timbal balik antara manusia dengan lingkungan sekitarnya.

Sumber lengkap : https://berkebun.co.id/