Skip to main content

segala sesuatu tentang gunung

Inilah Cara sederhana Menanam Bunga Petunia

Inilah Cara sederhana Menanam Bunga Petunia

Bunga petunia adalah bunga cantik yang cocok banget kamu tanam di depan rumah kamu. Selain itu bunga ini mudah ditanam di berbagai jenis iklim dan daerah. Bagaimana sih cara menanam bunga petunia yang efektif.

Kali ini Alicia Florist mau bagi-bagi informasi tentang cara menanam bunga petunia sederhana yang bisa kamu terapkan di rumah kamu. Cara menanam bunga petunia gantung tentu mudah, asalkan kamu ada kemauan untuk memulai dan merawat.

Inilah beberapa cara menanam bunga petunia yang mudah dan efektif untuk kamu coba.

Tentukan Jenis Bunga

Hal pertama yang harus kamu tahu tentang bunga petunia adalah bunga ini memiliki beragam jenis. Beberapa jenis bunga petunia yang harus kamu tahu adalah grandiflora, multiflora, dan milluflora. Dari beberapa jenis bunga itu, kamu harus menentukan dan tahu karakteristik masing-masing.

Kenapa hal ini penting? Karena akan menentukan jenis bunga yang akan kamu panen nanti. Jangan sampai, kamu salah pilih dan kecewa ketika sudah berbunga karena merasa bunga ini tidak sesuai dengan selera kamu.

Cari Tempat Baik Untuk Menanam

Inilah Cara sederhana Menanam Bunga Petunia

Setelah menentukan jenis bunga dan memilih bibit yang bagus, kamu harus mencari tempat untuk menanam bunga yang satu ini. Petunia sangat baik jika kamu tanam di pot, namun jauh lebih baik di tanam. Karena luasnya tanah pada tanam lebih besar daripada di pot.

Pemilihan tempat ini harus menimbang kesuburan tanah juga. Tanaman apapun akan kesulitan tumbuh jika ditanam pada tempat yang gersang. Maka dari itu, kamu harus menentukan tempat menanam yang pas.

Tips: kamu perlu menanam bunga petunia pada musim yang pas. Sebab, bunga ini hanya akan mekar pada musim-musim tertentu. Jangan sampai, kamu sudah lama menanam dan merawat, tapi bunganya tidak tumbuh.

Merawat Bunga Petunia

Cara tanam bunga petunia sudah selesai. Kamu hanya tinggal merawat bunga yang satu ini dengan baik. Caranya adalah dengan memberikan pupuk pada tanah secara berkala. Selain itu, kamu juga harus memastikan suplai air lancar.

Kamu juga perlu memastikan bahwa bunga yang satu ini mendapatkan cahaya matahari yang pas. Sekitar 4 sampai 5 jam per hari. Jadi, jangan sampai kurang atau berlebih. Karena cahaya matahari sangat penting bagi bunga yang satu ini.

Mengatasi Masalah Bunga Petunia

Ketika proses perawatan, mungkin ada beberapa masalah yang timbul. Seperti ada hama berupa ulat atau serangga perusak. Ketika hal itu terjadi, kamu hanya perlu memberikan obat anti hama yang cocok bagi bunga petunia.

Dengan pemberian obat hama yang tepat, tentu bunga petunia milikmu bakalan tumbuh dengan baik dan semua hama akan mati. Namun perlu kamu perhatikan, jangan terlalu banyak memberikan obat hama. Karena bisa membuat bunga yang satu ini mati.

Menikmati Bunga yang Indah

Hasil dari perawatan yang baik adalah tumbuhnya bunga yang indah. Proses menunggu yang kamu lakukan akan berbuah baik jika kamu sabar merawat bunga petunia. Selain bisa kamu nikmati keindahannya, bunga ini juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan konsumsi. Tapi harus dengan saran dari orang yang berpengalaman.

***

Setelah kamu rawat dengan baik, tentu bunga ini akan tumbuh dan memunculkan bunga yang indah. Menanam Bunga petunia memang tidak sulit, namun juga perlu kesabaran dan ketelitian. Maka dari itu, pahami caranya dan lakukan dengan teliti.