Skip to main content

segala sesuatu tentang gunung

Cara Membuat Judul Deskripsi, dan Thumbnail YouTube yang Mengundang Viewers

Cara Membuat Judul Deskripsi, dan Thumbnail YouTube yang Mengundang Viewers

Setiap YouTuber tentunya ingin video yang menghasilkan uang yang banyak. Namun kesuksesan sebuah channel YouTube sagat ditentukan oleh judul, deskripsi dan thumbnail yang mengandung klik karena selain itu dapat membuat orang tergoda untuk menontonnya, namun lebih dari itu judul, dan deskripsi dapat dioptimasi sehingga nantinya bisa muncul di hasil pencarian dan viewers datang tidak hanya dari rekomendasi YouTube, tetapi dari hasil pencarian YouTube.

Oleh sebab itu, saya membuat dua sub judul besar dalam artikel ini, pertama, bagaimana mengoptimasi judul, deskripsi dan thumbnail agar muncul di bagian teratas pencarian.

Cara Membuat Judul Deskripsi, dan Thumbnail YouTube yang Mengundang Viewers

Mengoptimasi judul, deskripsi, dan thumbnail

SEO adalah singkatan dari search engine optimization yang secara harfiah berarti mengoptimasi mesin pencari. Kegiatan SEO adalah mempengaruhi hasil peringkat halaman atau situs tertentu agar muncul di halaman pertama sehingga laman atau situs web dikunjungi orang lain.

Saat kita mengetikkan kata tertentu di kolom pencarian, maka Google atau YouTube akan menganalisa 200 faktor pada semua situs web dan yang terbaik yang akan ditampilkan di halaman hasil pencariannya. Jika kita mempengaruhi beberapa faktor utama yang paling menentukan hasil pencarian, maka kita dapat dengan mudah masuk ke hasil pencarian di Google.

Salah satu faktor yang paling besar dalam mempengaruhi hasil pencarian di Google dan YouTube adalah judul, deskripsi dan thumbnail.

 

1. Judul

Judul sangat menentukan hasil pencarian yang diperolehnya. Jika hasil pencariannya tidak membuahkan hasil yang diinginkan, coba lihat bagaimana judul anda. Karena hasil pencarian video sangat dipengaruhi oleh judulnya, oleh sebab itu buatlah judul yang mewakili apa yang orang-orang sedang cari. Letakkan kata kunci paling awal di setiap judul video karena Google menekankan pada awal kata sebagai kata kunci utamanya.

Untuk video yang mengandung unsur hiburan judul haruslah shocking membuat penasaran, takut atau lucu sesuai yang diharapkan oleh YouTuber. Jika anda tidak melakukannya, maka anda akan kalah dengan channel yang lainnya.

 

2. Deskripsi

Deskripsi juga sangat penting, sertakan juga kata kunci dan gunakanlah hashtag agar nantinya kata kunci anda menjadi lebih kuat. Namun jangan gunakan penumpukan kata kunci karena kini Google sudah semakin cerdas untuk membedakan mana yang memang video yang gunanya untuk mengakalinya dan mana yang tidak.

Yang tak kalah penting, deskripsi YouTube menjelaskan video anda dan informasi tambahan yang diperlukan oleh penonton.

 

3. Thumbnail

Sejatinya Google tidak mengetahui gambar seperti apa yang anda gunakan dan seperti apa gambar yang anda gunakan sesungguhnya tidak mempengaruhi sama sekali pada Google. Namun Google menggunakan manusia untuk menguji mana video yang menarik dan mana yang tidak. Video yang menggunakan thumbnail yang menarik tentu akan banyak di klik dan di tonton. Google akan mengangapnya relevan dengan apa yang pengunjung cari sehingga hasil pencarian akan semakin meningkat untuk video yang memiliki banyak kliknya.

 

Peringatan!

Jangan pernah menggunakan judul dan thumbnail yang menipu atau terlalu berlebihan sehingga tidak mewakili judul sama sekali. Ini akan memunculkan masalah baru nantinya. Anda akan dianggap sebagai click bait dan orang tidak respek lagi kepada anda.

Perlu diingat bahwa cara optimasi bukanlah cara untuk mengakali namun untuk mengoptimalkan agar lebih banyak orang yang menemukan video anda dan semakin banyak orang yang memperoleh manfaat dari video yang anda bagikan.

 

Sumber: https://pojoksosmed.com