Skip to main content

segala sesuatu tentang gunung

Auto Draft

Buah Baik Bagi Ibu Menyusui Agar Produksi ASI Lancar dan Berkualitas

Buah Baik Bagi Ibu Menyusui Agar Produksi ASI Lancar dan Berkualitas – ASI menjadi makanan utama bagi si kecil setelah lahir ke dunia, terutama saat 6 bulan pertama di kehidupannya. Karena itu sudah menjadi tugas sebagai seorang ibu untuk menjaga kelancaran produksi dan kualitas ASI. Hal ini bisa didukung dengan mengkonsumsi makanan-makanan terbaik yang dapat menjaga kualitas dan kuantitas ASI.

Saat menyusui, Ibu membutuhkan banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu proses menyusui bisa berjalan lancar.  Sebenarnya hampir semua makanan dapat mendukung kelancaran produksi ASI, namun buah-buahan dibawah ini terbaik untuk dikonsumsi ibu selama masa menyusui. 

1. Pepaya Hijau

Jika umumnya pepaya memiliki daging buah berwarna oranye atau jingga serta rasa yang manis saat dikonsumsi. Namun buah pepaya yang direkomendasikan bagi ibu menyusui agar dapat mendukung kelancaran ASI adalah buah pepaya yang berwarna hijau muda. Dibandingkan buah pepaya yang berwarna oranye, daging buah pepaya hijau muda memiliki rasa yang tidak terlalu manis dan banyak yang menganggapnya belum matang. Akan tetapi jangan salah, nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat banyak mulai dari vitamin A, B, C, dan E yang dapat memenuhi asupan vitamin harian ibu. Bukan hanya itu pepaya hijau juga mengandung galactagogue terbaik, dimana enzim ini membantu meningkatkan produksi ASI. 

Auto Draft

2. Aprikot

Buah Aprikot mengandung vitamin yang cukup kaya seperti vitamin A, C, dan kalsium yang sangat penting bagi kesehatan ibu menyusui serta bayinya. Di dalam buah ini terdapat kandungan fitoestrogen yang merupakan agen peniru estrogen, yang sangat penting dalam mendukung produksi hormone susu di dalam tubuh dan membantu melancarkan ASI. Selain vitamin dan fitoestrogen, apricot juga memiliki kandungan air yang cukup kaya sehingga menjaga tubuh ibu dan bayi agar tetap terhidrasi baik. namun disarankan untuk mengkonsumsi aprikot yang masih segar, bukan buah aprikot yang sudah dikeringkan atau dikemas ke dalam kaleng karena biasanya produk ini mengandung gula yang cukup tinggi akibat penambahan sirup atau perasa lainnya. 

3. Alpukat

Buah super ini sangat baik untuk mendukung kelancaran produksi asi bagi ibu menyusui. Berkat kandungan asam lemak omega-3, omega-6, omega-9 di dalam buah ini membantu ibu untuk memproduksi ASI yang melimpah bagi si kecil. Selain itu buah ini juga mengandung asam folat tinggi beserta vitamin C, E, dan kalium yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi lebih baik lagi. 

Salah satu jenis yang banyak digemari adalah alpukat aligator. Untuk mendapatkan buahnya tergolong susah, namun tidak ada salahnya anda tanam sendiri di rumah. Anda bisa mendapatkan dari toko yang jual bibit alpukat aligator yang terkenal jumbo ini. 

4. Jeruk

Tidak hanya menambah tenaga, namun jeruk juga sangat baik untuk memperlancar produksi ASI. Buah yang kaya akan vitamin C ini baik dikonsumsi saat masa menyusui karena ibu membutuhkan asupan vitamin C yang lebih banyak dibandingkan saat masa kehamilan.Penting untuk diketahui jika saat menyusui, ibu wajib memenuhi asupan vitamin C hingga 120mg per harinya atau sekitar 2 jeruk kecil.  Vitamin C berguna dalam mendukung pembentuk gigi, tulang, dan otot pada si kecil termasuk bayi yang baru saja lahir. Vitamin C di dalam jeruk juga bermanfaat meningkatkan pertumbuhan serta perbaikan jaringan pada tubuh ibu menyusui. 

5. Strawberry

Buah yang memiliki rasa asam ini juga menjadi salah satu buah baik bagi ibu menyusui, akan tetapi disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi buah strawberry. Hal ini karena strawberry bisa menyebabkan perut kembung dan ini seringkali terjadi pada sebagian bayi. Akan tetapi buah ini memiliki banyak manfaat baik tak hanya bagi ibu namun juga bagi si kecil. Buah strawberry tak hanya memiliki rasa yang menyegarkan, namun juga mengandung nutrisi penting yang sangat dibutuhkan bagi tumbuh kembang si kecil. Buah ini kaya akan kandungan zat besi serta vitamin C, kalium, kalsium dan magnesium. Bukan hanya itu, kandungan air yang tinggi di buah strawberry juga membantu tubuh ibu tetap terhidrasi baik ketika masa menyusui. 

6. Pisang

Siapa yang tidak mengenal buah pisang? dikutip dari Bibit Buahku, buah ini tak hanya mengenyangkan saat dikonsumsi namun juga mengandung kaya akan mineral dan vitamin. Kalorinya yang tinggi di dalam buah pisang membantu mengatasi rasa lapar ketika masa menyusui serta meningkatkan asam folat di dalam tubuh. Manfaat lainnya buah pisang bagi ibu menyusui juga dikarenakan kandungan potasium yang baik bagi ibu karena dapat menjaga kadar cairan serta elektrolit sehingga menjaga aliran ASI menjadi lebih baik. 

Buah-buahan diatas sangat direkomendasikan bagi ibu selama masa menyusui, sehingga produksi ASI bisa tetap lancar untuk si kecil. Selain itu, tidak hanya dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi saja. Namun penting bagi ibu untuk rutin menyusui anak sehingga mendukung produksi ASI bisa tetap terjaga baik.

Sumber:

https://bidanku.com/buah-untuk-ibu-menyusui

15 Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui & Pantangannya!

Bibit Alpukat Aligator – Ukuran Buah Jumbo dan Lonjong Serta Berdaging Lembut

5 Pilihan Buah Agar Produksi ASI Baik dan Lancar Selama Menyusui