Skip to main content

segala sesuatu tentang gunung

Jenis dan Fungsi Blow Down

Jenis dan Fungsi Blow Down

Blow down adalah pembuangan air boiler dengan menjaga maximum padatan larutan dan endapan. Pada boiler memiliki siklus konsentrasi dengan menambahkan makeup water dan feed water. Kandungan larutan dengan kepadatan sekitar 100 ppm dan menguap 50% dan menjadi 200 ppm.

Blow down memiliki 2 jenis yaitu seperti berikut ini:

  • Blow down yang sewaktu – waktu:
    Pengoperasiannya secara manual menggunakan keran yang di pasang di pembuangan yang ada di bawah boiler untuk mengurangi parameter yang ditentukan tidak pengaruh buruk steam. Jenis blow down ini merupakan metode efektif untuk melepas larutan padatan pada permukaan boiler.
    Blow down sewaktu – waktu memiliki jalur yang diameternya besar untuk membuka dalam waktu sesaat, biasanya sekali dalam satu shift selama 2 menit. Blow down yang sewaktu – waktu harus menambahkan air umpan ke boiler dengan jumlah besar dan waktu yang singkat, dan membutuhkan pompa air yang besar dibanding dengan blow down kontinyu.
    Memiliki TDS yang bervariasi, menyebabkan fluktuasi ketinggian air di boiler dan berubahnya ukuran gelembung dan distribusinya setara dengan perubahan konsentrasi kepadatan. Blow down yang sewaktu – waktu dapat menghilangkan energi panas.
     
  • Blow down yang kontinyu:
    Memiliki pemasukan yang tetap dan konstan di aliran air boiler, dan melakukan penggantian aliran yang masuk secara tetap dan konstan. Keran blow down hanya dibuka sekali untuk kondisi tertentu dan tidak diatur lagi. Kondisi panasnya di ambil oleh boiler tetapi dapat dimanfaatkan kembali dan di tukar panasnya menjadi air makeup dingin. Sistem pengembali panas bisa mencapai 80% energi, boiler steam mempunyai banyak ukuran dan modal baliknya hanya dalam beberapa bulan.

DE – AERASI

De – aerasi gas terlarut, oksigen dan karbon dioksida. Gas-gas tersebut dipanaskan sebelum di masukan ke boiler. Air alam yang mengandung gas akan terlarut dalam larutannya. Gas karbon dioksida dan oksigen dapat meningkatkan korosi. Gas karbon dioksida, oksigen yang dipanaskan di sistem boiler dan digabung dengan air dapat membentuk asam karbonat.

Jenis dan Fungsi Blow Down

Oksigen, karbon dioksida dan gas lain yang tidak bisa terembun dapat dimanfaatkan untuk menjaga umur dan keamanan. Asam karbonat dapat menurunkan umur dan pemipaan. Asam ini juga bisa melarutkan besi dan jika kembali akan menyebabkan pengendapan dan pembentukan kerak. Kerak dapat menurunkan umur dan meningkatkan jumlah energi yang dapat dipindahkan panasnya.

Steam yang berkualitas dilihat dari cara pengolahan airnya dalam mengendalikan kemurnian steam, endapan dan korosi. Boiler adalah bagian dari sistem boiler yang menerima bahan pencemar dari sistem lainnya. Untuk mendapatkan hasil kinerja boiler, efisien, dan umur layanan di dapat dari pemilihan dan pengendalian air di boiler itu sendiri.

Jika air masuk ke boiler dan terjadi kenaikan suhu dan tekanan tinggi yang menyebabkan sifat komponen air yang berbeda. Semua komponen yang ada di air umpan dalam keadaan terlarut. Meskipun begitu panas dan tekanan komponen yang terlarut dan keluar menjadi larutan padatan partikuat, berbentuk kristal dan juga berbentuk amorph.

Nahh itu dia penjelasan tentang blow down, jenis dan fungsinya. Buat kalian yang ingin tau lebih jelas lagi dan sedang mencari blow down bisa cek jual blow down di medan.

Terimakasih… stay safe yaa