Skip to main content

segala sesuatu tentang gunung

Ini Dia Cara Mengelola Bank Sampah Dengan Benar

Ini Dia Cara Mengelola Bank Sampah Dengan Benar

Permasalahan sampah di Indonesia ini memang bisa menjadi masalah pelik yang belum bisa terpecahkan sampai sekarang. Hal ini ditandai dengan banyaknya sampah yang dibuang bukan ke dalam tempat sampah fiber sehingga menggunung di beberapa tempat di Indonesia. Sampah ini akan semakin menjadi suatu masalah jika pengelolaannya belum baik dan benar.

Jika saja setiap daerah sudah memiliki bank sampah, tentunya produksi sampah akan menjadi lebih terkendali karena sampah akan dikelola dengan baik dan benar. Maka dari itu, disarankan untuk setiap daerah supaya mendirikan bank sampah. Berikut ini cara yang bisa dilakukan dalam mengelola bank sampah dengan benar berikut ini :

Ini Dia Cara Mengelola Bank Sampah Dengan Benar

1. Membuat buku administrasi

Pengelola bank sampah harus memiliki buku administrasi yang lengkap. Yaitu buku tabungan khusus untuk anggota, daftar anggota, buku besar keuangan, dan buku rekapan penyetoran anggota serta yang terakhir adalah buku yang berisi daftar hadir bagi anggota yang menyetorkan sampah.

2. Pemilihan petugas bank sampah

Diawal mungkin hanya membutuhkan beberapa petugas saja, namun saat jumlah sampah sudah semakin banyak bisa ditambah lagi. Setiap petugas memiliki tugasnya masing-masing, ada yang menimbang sampah, mencatat berat sampah, pengelola tabungan yang mencatat hasil setoran, dan petugas yang melakukan negosiasi dengan pengepul sampah serta menerima uang dari pengepul.

3. Mengumpulkan samapah dengan prosedur yang benar

Jika pengumpulan sampah tidak terjadwal dengan baik maka bank sampah tidak akan berjalan dengan baik. Proses penyetoran sampah ini bisa dijadwalkan seminggu sekali atau seminggu dua kali.

Ketika proses penyetoran sampah ada beberapa proses yang harus dilakukan, seperti :

  • Mengisi daftar hadir
  • Memilah sampah terlebih dahulu
  • Proses penimbangan sampah
  • Menyetorkan tabungan bank sampah
  • Dijual pada pengepul

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengelola bank sampah yang baik dan benar. Harus diperhatikan ya supaya saat ingin mengelola bank sampah kita sudah tahu tata caranya dan hanya tinggal prakternya saja. Semoga bermanfaat dan bisa direalisasikan dalam kehidupan kita dan bisa memberikan manfaat untuk lingkungan dan orang banyak tentunya.