Skip to main content

segala sesuatu tentang gunung

3 Rumus Penting Dalam Menentukan Jurusan Kuliah

3 Rumus Penting Dalam Menentukan Jurusan Kuliah

Tags:

Tidak akan terasa sebentar lagi akan ada pembukaan pendaftaran SBMPTN . Ini artinya dalam beberapa bulan kemudian Anda akan menentukan masa depan Anda sendiri. Ya, jika memang Anda berminat untuk kuliah pastinya akan memilih jurusan yang sesuai dengan minat Anda. 

Maka hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan dengan matang, dipikirkan lebih baik-baik. Karena apa? Jangan sampai nantinya di tengah jalan Anda menjadi banyak mengeluh hanya karena dosen yang galak, banyaknya tugas dan lain sebagainya padahal jika dipikir dari awal ini hanya karena Anda salah mengambil jurusan perkuliahan. Tidak usah khawatir, berikut ini kita akan berbagi rumus penting dalam memilih jurusan kuliah, diantaranya:

Pastikan Anda mengetahui apa yang akan dihadapi dan konsekuensinya

Menurut seseorang yang sudah berpengalaman meneliti seperti ini: sebagian besar para calon mahasiswa lebih memilih “mencoba” masuk ke fakultas kedokteran. Memang banyak yang ingin menjadi dokter. Sebenarnya memang tidak ada salahnya jika ingin menjadi dokter. Namun yang menjadi masalah adalah niat Anda yang hanya “mencoba” untuk menjadi dokter, hal ini bisa bahaya. 

Kenapa bahaya? Karena jika hanya setengah hati masuk fakultas kedokteran nantinya akan menjadi beban, mengingat kuliah kedokteran itu susahnya kaya gimana. Anda harus mengetahui secara detail apa yang akan Anda alami selama kuliah nanti.

Misalnya untuk kuliah kedokteran Anda harus siap beda-bedah mayat yang kondisinya sudah tidak karuan, harus siap melihat darah dan lain sebagainya. Disini Anda harus benar-benar mempersiapkan mental Anda untuk menerima setiap konsekuensi dari jurusan yang Anda ambil.

3 Rumus Penting Dalam Menentukan Jurusan Kuliah

Jangan pernah memilih jurusan hanya karena prospek  finansial

Tidak bisa di pungkiri bahwa salah satu alasan kita memilih kuliah adalah ingin sukses, sukses dalam karir maupun dalam hal finansial. Siapa sih yang tidak mau kaya raya. Tidak jarang orang tua juga ikut andil dalam hal ini. Mereka melihat segalanya dengan tolak ukur “uang” karena memang yang paling realistis. 

Namun disini ditekankan bahwa esensi pendidikan bukan lagi hanya mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja supaya Anda bisa menghasilkan uang.  Namun pendidikan itu adalah untuk mengembangkan semua potensi dan kapasitas intelektual Anda untuk dapat berkembang sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Dengan pendidikan Anda dapat melihat masalah di sekitar Anda dengan cara yang paling tepat. Jika bidang yang Anda pilih saat  ini adalah kurang berprospek pada finansial, sebetulnya balik lagi pada diri sendiri, seberapa besar Anda menghargai passion dan ambisi Anda dibanding dengan peluang finansial.

Jangan memilih jurusan hanya karena berdasarkan pelajaran yang Anda kuasai

Sekarang banyak sekali yang memilih jurusan berdasarkan pada pelajaran yang paling disukai dan nilainya paling bagus. Memang tidak ada salahnya juga, namun pelajaran di sekolah bukan tolak ukur yang tepat untuk menentukan jurusan. Anda akan kebingungan sendiri nantinya, karena bidang yang akan Anda hadapi itu jauh lebih luas dibandingkan dengan mata pelajaran yang selama ini Anda pelajari di sekolah.

Untuk itu pilihlah bidang kuliah yang akan membuat Anda penasaran dan merasa tertantang. Lihat juga potensi diri Anda. Sehingga kuliah menjadi lebih menyenangkan dan tidak menjadi beban.

Itulah beberapa rumus tepat dalam memilih jurusan perkuliahan yang sesuai dengan kemampuan Anda. Kunjungilah goKampus.com yang akan memberikan informasi mengenai berbagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia berikut jurusannya, mata kuliahnya semua informasi yang Anda butuhkan lengkap disana.