Skip to main content

segala sesuatu tentang gunung

5 Cara Memilih Jurusan Kuliah

5 Cara Memilih Jurusan Kuliah

Tags:

Tidak sedikit mahasiswa yang sudah menjalani beberapa semester masa perkuliahan, tetapi merasa jika jurusan kuliah yang dipilih tidak cocok dengan dirinya. Alhasil, membuat mahasiswa tersebut merasa salah jurusan. Perasaan seperti ini pastinya sangat mengganggu dan membuat tidak fokus pada perkuliahan yang ada.

Untuk mengantisipasi hal seperti ini, di saat sebelum memilih jurusan kuliah memang kamu perlu memperhatikan beberapa hal. Nah, berikut ini sudah disiapkan 5 cara memilih jurusan buat kamu supaya tidak sampai salah dalam memilih jurusan kuliah. Yuk simak.

Kenali Dulu Apa yang Jadi Minat Kamu

5 Cara Memilih Jurusan Kuliah

Mengenali minat diri sepertinya sudah cukup banyak dibicarakan oleh banyak orang, terutama di saat kamu akan menentukan pilihan seperti memilih jurusan kuliah. Akan tetapi, hal ini memang sangat penting dan perlu kamu lakukan. Mulailah untuk bertanya pada diri sendiri apa sebenarnya yang selama ini hal yang paling kamu sukai atau setidaknya membuatmu bersemangat setiap akan mengerjakannya.

Dengan mengenali minat diri sendiri, setidaknya kamu tidak akan memilih jurusan karena ikut-ikutan dengan pilihan orang lain. Selain itu, biasanya bagi mahasiswa yang memilih jurusan sesuai minat akan menjalani pilihan tersebut dengan senang hati.

Cari Tahu Tentang Jurusan Kuliah yang diminati

Setelah kamu mengenali apa sebenarnya hal yang jadi minat kamu, cobalah cari tahu pilihan jurusan yang ada yang sesuai dengan minatmu tersebut. Manfaatkan mesin pencari yang menyuguhkan banyak informasi kuliah yang akurat. Contohnya, ketika kamu menyenangi pelajaran fisika, gali informasi mengenai jurusan apa saja yang berhubungan dengan ilmu fisika tersebut.

Jangan hanya berpatokan jika kamu suka fisika maka kamu akan memilih jurusan fisika saja. Masih banyak jurusan lain yang berhubungan dengan suatu ilmu dan bisa jadi di antara pilihan jurusan yang ada, terdapat satu yang cocok denganmu.

Pahami Sisi Positif dan Negatif dari Jurusan yang dipilih

Jika beberapa pilihan jurusan sudah kamu kantongi, berikutnya cobalah untuk mencari informasi lebih detail mengenai sisi positif dan negatifnya. Dalam hal ini, situs https://tambahpinter.com/ juga bisa kamu gunakan untuk mendapatkan informasi-informasi tersebut.

Mengetahui sisi positif dari suatu jurusan mungkin akan membuatmu jadi lebih bersemangat. Tetapi, saat kamu mengetahui sisi negatif dari jurusan tersebut, tanyakan kepada dirimu apakah kamu siap menjalani konsekuensi tersebut. Jika kamu yakin bisa dan menganggap itu sebagai sebuah tantangan, maka bisa jadi jurusan tersebut cocok untuk kamu.

Jangan Hanya Berpatokan Pada Prospek Finansial

Saat kamu mencari informasi mengenai suatu jurusan kuliah, pastinya kamu juga akan mendapatkan informasi tentang prospek kerja dari jurusan tersebut. Prospek kerja dari suatu jurusan memang penting, apalagi tidak dipungkiri jika kebanyakan mahasiswa juga mempertimbangkan hal ini saat memilih jurusan kuliah.

Tetapi, jangan sampai kamu keliru dalam memilih jurusan karena terlalu fokus pada prospek finansial di masa depan. Tidak semua jurusan kuliah dengan prospek finansial bagus di masa sekarang kedepannya juga punya prospek yang sama. Lebih disarankan untuk memilih jurusan yang membuatmu selalu tertantang dalam mengembangkan diri, sehingga di masa depan kamu mampu mengambil atau justru menciptakan peluang.

Minta Saran dari yang Sudah Berpengalaman

Setelah mengulik-ulik banyak informasi mengenai jurusan kuliah dari berbagai sumber, mungkin beberapa diantara kamu juga masih belum yakin sepenuhnya dengan pilihan jurusan. Nah, tak ada salahnya untuk minta saran dari orang-orang yang sudah berpengalaman. Entah itu, guru sekolah maupun keluarga yang sudah pernah menjalani masa perkuliahan. Bisa jadi, saran dari orang terdekat dan sudah berpengalaman akan lebih relate.

Nah, dari 5 cara yang sudah dijelaskan di atas, pastinya kamu jadi makin siap untuk mulai memilih jurusan kuliah ‘kan? Semoga cara-cara di atas bisa bermanfaat dan tentunya bisa kamu terapkan ya.