Skip to main content

segala sesuatu tentang gunung

Ayo Ketahui Proses Masuknya Islam ke Indonesia

Ayo Ketahui Proses Masuknya Islam ke Indonesia

Tags: ,

Islam merupakan agama yang paling terkenal di Indonesia karena banyak penganutnya di Indonesia. Sekitar 87% orang di Indonesia menjadikan Islam sebagai agamanya. Tidak heran jika Indonesia terkenal dengan negara muslim terbesar di dunia. Namun, tahukah kamu bagaimana proses masuknya Islam ke Indonesia hingga Indonesia memiliki banyak pemeluk Islam?

Masuknya Islam ke Indonesia melalui beberapa proses atau cara yang cukup panjang. Berikut ini proses atau cara masuknya Islam ke Indonesia.

7 Proses atau Cara Islam Masuk ke Indonesia

1. Perdagangan

Salah satu cara Islam masuk ke Indonesia yaitu melalui cara perdagangan. Hal ini karena letak Indonesia yang sangat strategis, sehingga banyak kaum pedagang dunia datang ke Indonesia. Sebut saja kaum pedagang tersebut berasal dari wilayah Gujarat, Persia, dan Mekkah.

Banyaknya kaum pedagang yang datang, akhirnya mereka memutuskan untuk tinggal dan membuat pemukiman, yang dikenal dengan Pekojan. Dengan membuat pemukiman, para pedagang menjadi lebih mudah untuk menyebarkan atau menyiarkan agama Islam. Di mana selain berdagang, mereka juga berinteraksi serta melakukan dakwah untuk menyiarkan agama Islam ke warga setempat.

2. Pernikahan

Dengan tinggalnya para pedagang Islam ini, terjadilah pernikahan antara pedagang dengan penduduk pribumi. Dan para pribumi yang menikah dengan pedagang wajib mengucapkan kalimat dua syahadat. Di mana mengucap kalimat dua syahadat sebagai tanda pribumi masuk Islam. Dengan demikian, pernikahan antara pedagang Islam dan pribumi bisa dikatakan sah.

Setelah para pedagang menikah dengan penduduk pribumi, mereka menjadi lebih mudah untuk menyiarkan agama Islam. Selain itu, pasti nanti ada keturunan mereka yang lahir. Di mana keturunan tersebut pasti akan diajarkan untuk belajar agama Islam. Nah, semakin banyak keturunan yang mereka lahirkan, semakin banyak pula pemeluk agama Islam di Indonesia.

3. Kesenian

Kesenian juga berperan penting dalam proses masuknya Islam ke Indonesia. Di mana penyebaran Islam melalui kesenian dilakukan oleh beberapa ulama Indonesia, antara lain Sunan Kalijaga.

Sunan Kalijaga menggunakan wayang kulit sebagai media dakwah. Dalam memainkan wayang kulitnya, Sunan Kalijaga memasukkan ajaran Islam ke dalam cerita dan tokoh. Selain itu, Sunan Kalijaga menciptakan sebuah lagu berjudul Lir – Ilir yang berarti bangunlah. Yang mana Beliau mengajak pendengar untuk bangun dari rasa malas dalam memperbaiki diri dan sholat.

Ayo Ketahui Proses Masuknya Islam ke Indonesia

Baca juga: Cara Mudah Belajar Ngaji Online yang Perlu Kamu Ketahui

4. Dakwah

Para ulama juga menggunakan dakwah untuk menyebarkan agama Islam. Di sini para ulama membentuk sebuah kelompok yang dikenal dengan majelis sebagai tempat dakwah. Majelis ini boleh diikuti orang yang sudah beragama Islam maupun orang yang belum memeluk Islam.

5. Pendidikan

Proses masuknya Islam juga melalui pendidikan. Dalam hal ini para ulama mendirikan pesantren atau madrasah untuk mengajarkan agama Islam warga sekitar

6. Politik

Saat Islam masuk ke Indonesia, sudah ada beberapa kerajaan Islam yang sudah berdiri. Nah, di sinilah kerajaan Islam berperan penting dalam menyebarkan Islam yaitu dengan cara politik.

Di mana seorang raja sudah memeluk Islam, maka rakyatnya juga akan mengikuti sang raja, yang mana sebagai rasa patuh seorang rakyat kepada raja. Dengan rakyat mengikuti raja untuk memeluk Islam, maka raja akan melakukan perluasan wilayah agar semakin banyak rakyat yang masuk Islam.

7. Tasawuf

Sebelum Islam masuk ke Indonesia, agama Budha dan Hindu yang banyak dianut oleh masyarakat. Nah, dengan masuknya tasawuf menjadikan masyarakat banyak yang memeluk Islam. Hal ini karena tasawuf adalah ajaran agar manusia lebih dekat dengan Tuhan. Dan ajaran tasawuf ini sangat mudah dipahami jadi masyarakat tertarik untuk memeluk Islam.

Nah, informasi tentang proses masuknya Islam ke Indonesia. Semoga, informasi ini bisa memberikan tambahan ilmu tentang Islam.

Sumber: cendekiaprivat.com