Skip to main content

segala sesuatu tentang gunung

Auto Draft

Contoh-Contoh Saran dalam Makalah

Tags: ,

Dalam membuat makalah pastinya dibutuhkan saran yang sekiranya dapat membantu penyusunan makalah yang lebih baik kedepannya. Saran dalam makalah memang sangat diperlukan untuk kesempurnaan makalah di tugas-tugas selanjutnya.

Makalah sendiri adalah gambaran kecil dari sebuah tugas akhir atau skripsi di akhir masa studi seorang mahasiswa. Nah, di saat Anda membuat makalah maka salah satu bagian yang penting di akhir adalah kesimpulan dan saran.

Kesimpulan dan saran haruslah Anda buat dengan sebaik mungkin sesuai dengan format baku dari pembuatan makalah. Pada umumnya kesimpulan ditulis sesuai dengan rangkuman singkat yang berisi pemahaman penulis terhadap tema yang dikaji.

Auto Draft

Baru setelah kesimpulan, Anda bisa memberikan saran dalam makalah tersebut. Berikut adalah contoh saran dalam makalah :

Contoh pertama

PENUTUP

  1. Kesimpulan

Salah satu poin penting yang dapat diambil adalah pengecilan informasi baik secara teoritis maupun teknis informasi internasional lebih yang disebarkan secara cepat dan tersedia pada hari ini.

Hal ini tidak terjadi di negara-negara kurang berkembang. Jadi dapat disimpulkan bahwa negara-negara kurang berkembang kekurangan informasi yang disebabkan masih jarang ditemukannya perangkat penyebaran informasi yang memadai.

 Apalagi ditambah kebijakan media yang diatur oleh ahli pemasaran dan bukan editor, sehingga berpengaruh pada hasil pemberitaan yang cenderung memberitakan suatu kelompok dan tidak original.

Berita internasional dalam hal ini perlu mendapat porsi perhatian yang besar, untuk itu adanya Perang Dingin atau konfrontasi antara Negara Barat dan Timur semakin menarik perhatian publik internasional.

2. Saran

Pengecilan informasi ini tidak lain dikarenakan negara kurang berkembang masih jarang menemukan perangkat yang tepat dalam menyebarkan informasi. Harapannya dari makalah ini, ada kesadaran bagi kebijakan media agar lebih bijak dalam pemberitaan.

Dari penyusunan makalah ini, penulis menyadari bahwa makalah yang ditulis masih jauh dari kata sempurna. Di penulisan selanjutnya, penulis akan lebih fokus dalam menulis dan lebih rinci dalam menjelaskan tentang makalah. Tentunya dengan referensi yang  diambil dari lebih banyak dan dapat dipertanggung jawabkan.

Contoh Kedua

PENUTUP

  1. Kesimpulan

Secara ilmiah para ahli mengambil norma kematian manusia yang lebih tegas dan pasti, yakni saat berhentinya fungsi otak. Orang tak mungkin lagi dapat hidup dan bertahan hidup. Walaupun dibantu dengan alat canggih yang dapat mengembalikan fungsi otak yang telah mati.

Mengingat penegasan ilmiah tersebut, kiranya kita dapat katakan bahwa semua alat perawatan dan penyembuhan tidak boleh dan memang juga tidak perlu lagi kita menggunakan seseorang yang sudah meninggal.

 Kematian otak layaknya kita lihat sebagai tanda dari Tuhan sendiri bahwa hambanya sudah sepatutnya untuk menghadap sang Maha Pencipta.

Sebagai manusia yang taat kepada Tuhannya, kita menyadari bahwa sudah tidak ada lagi kekuatan yang dimiliki manusia. Hanya Tuhan yang memiliki kuasa tersebut sebagai pemilik jagat raya ini.

Maka, kita harus tolak tindakan yang bersifat pembunuhan seperti bunuh diri, pengguguran janin, dan hukuman mati dengan alasan apapun. Tindakan semacam itu harus ditolak dengan tegas, karena perbuatan itu sengaja dilakukan untuk menghentikan kematian orang.

 Lain halnya usaha-usaha yang sering kali juga disebut sebagai euthanasia tidak langsung, yakni usaha yang akhirnya mengakibatkan atau mendekatkan kematian, walaupun hal itu sebenarnya sama sekali tidak dikehendaki.

Misalnya: orang miskin tidak mengusahakan cangkok jantung karena ia tak punya uang, dan karena itu ia meninggal dunia.

2. Saran

Melalui makalah ini, saran yang bisa diambil adalah agar penulis lebih kembali bermuhasabah atau mengevaluasi diri kembali. Penulisan makalah ini mengajak kepada siapa saja pembaca bahwa manusia harus berusaha hingga titik penghabisan.

Di akhir makalah ini, penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna. No one is perfect, meskipun begitu kedepannya penulis akan lebih fokus dan kritis dalam menganalisis permasalahan dalam makalah di atas.

Harapannya, kritik dan saran dari pembaca sangat dibutuhkan demi kesempurnaan penulisan makalah di kemudian hari. Semoga makalah ini bisa memberikan manfaat.

Contoh Ketiga

Kesimpulan

  1. Paradigma baru pendidikan telah mengubah pola pikir guru, dari guru sentris ke siswa sentris.
  2. Tenaga pendidik harus bisa memperkaya pengalaman belajar siswa.
  3. Perlu adanya temuan baru untuk memotivasi minat belajar anak.
  4. Seorang guru harus melakukan pembelajaran yang kontekstual.
  5. Untuk itu, diperlukan upaya profesional guru untuk menciptakan pembelajaran kontekstual dan efektif. Salah satunya adalah menciptakan alat peraga.
  6. Peran alat peraga dalam pembelajaran sangat penting karena dapat menjadikan pembelajaran lebih menarik, dinamis, aktif, kreatif, dan menyenangkan.
  7. Dengan alat peraga, diharapkan anak akan mampu belajar menerapkan informasi yang dipelajari dan mampu menentukan suatu pilihan tindakan yang rasional dan proporsional.

Saran

  1.  Cara ata metode terobosan baru untuk meningkatkan profesionalitas guru adalah dengan membuat alat peraga sederhana.
  2. Kehadiran alat peraga memberikan keberhasilan luas pada suatu pembelajaran.
  3. Kehadiran atau eksistensi Gugus Sekolah dan manajemennya menjadi pilihan yang strategis bagi pengadaan dan pengembangan alat peraga sebagai salah satu media pendidikan.

Akhir kata, kritik dan saran dari pembaca sangat penulis harapkan demi kesempurnaan penulisan makalah di tugas selanjutnya.

Contoh Keempat

Kesimpulan

Berbagai media dari populasi yang sama telah dibuktikan dengan data, bahwa stasiun televisi memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Menyasar segmen audiens menjadi pilihan agar dapat tetap hidup dalam persaingan.

Perbandingan media juga menunjukkan bahwa persaingan masih dapat tetap dilaksanakan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Maka persaingan di sini masih tetap hidup, namun tetap memperhatikan konten yang diberikan sesuai dengan yang diharapkan.

Saran atau Rekomendasi

Rekomendasi dari peneliti yaitu bahwa ketika salah satu stasiun televisi ingin meluncurkan program acara yang baru, namun sudah memiliki kompetitor.

Maka yang harus dilakukan yaitu diawali dengan riset pasar dan kebutuhan audiens tentang tayangan televisi. Memperhatikan rating menjadi salah satu indikator keberhasilan dalam suatu program acara.

Contoh kelima

1. Kesimpulan

  1. Duplikasi terhadap kode dan nomor bukti yang digunakan nihil.
  2. Perbaikan sistem yang telah berubah sebab pengelolahan data secara komputer ternyata lebih cepat, akurat, dan baik.
  3. Melalui teknologi, informasi mengenai daftar pengajar, jadwal, ruang dan lain sebagainya dapat diketahui lebih cepat dan juga setiap saat.
  4. Data-data mengenai struktur organisasi yang mana seharusnya data-data tersebut hanya bisa diakses tertutup, dengan kehadiran teknologi informasi bisa diakses secara terbuka. Semua bisa mengakses secara mandiri dapat memperolehnya dari komputer sendiri.

2. Saran

  1. Dengan kehadiran teknologi informasi yang baru ini perlu ada pelatihan terhadap cara mengoperatori atau menggunakan komputer.
  2. Penting bagi sebuah lembaga pendidikan untuk membackup file-file yang penting dan dimaintenance setiap akhir bulan.

Seperti itulah contoh dalam pembuatan saran dalam makalah, yang dikutip dari website Academic Indonesia. Semoga bermanfaat.