Skip to main content

segala sesuatu tentang gunung

Ilmu dan Ibadah Merupakan Kebaikan di Dunia dan Akhirat

Ilmu dan Ibadah Merupakan Kebaikan di Dunia dan Akhirat

Assalaamu ‘alaikum wa rohmatullahi wa barkaatuh. Saudaraku semua para pembaca sekalian kali ini kami akan menerangkan Ilmu dan Ibadah. Apa itu Ilmu dan Ibadah?, Jelasnya Ilmu itu adalah pengetahuan sedangkan Ibadah itu adalah Penghambaan diri kepada Allah Subhanhu wa Ta’ala. Untuk lebih lengkapnya ikuti penjelasan kami secara singkat di bawah ini.

Ilmu itu merupakan perkara yang wajib dimiliki oleh setiap insan. Sebab tanpa ilmu jelas semua jenis pekerjaan pasti tertolaknya. Demikian juga dengan Ibadah. Ibadah itu penting dan wajib bagi setiap kita. Karena bagaimanapun semua makhluk yang telah Allah Ta’ala ciptakan ini tujuan utamanya adalah untuk ibadah.

Ilmu dan Ibadah Merupakan Kebaikan di Dunia dan Akhirat

Masalah Ilmu

Mengapa Ilmu kok bisa dikatakan merupakan kebaikan di dunia? “Ya” pasti lah, Orang hidup di dunia dengan tidak memiliki ilmu sama sekali, maka sudah jelas dia akan sulit berbuat kebaikan dan mendapat kebaikan. Ingat apa yang pernah kita dengar dari para ilmuan yang mengutip dari sabda Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa Sallam bahasanya kalau ingin mendapatkan kebahagiaan dunia maka harus mempunyai ilmunya.

Masalah Ibadah

Lalu kenapa pula Ibadah dikatakan juga sebagai kebaikan di dunia? “Ya” karena punya ilmu jika tidak dilandasi dengan karena ibadah kepada Allah, maka ia cenderung pada kesombongan dengan ilmunya. Dia akan lupa kepada yang memberi kekuatan faham dalam ilmunya. Padahal jika Allah tidak memberikan dia kefahaman maka sampai mati dia tidak akan pernah punya kefahaman meski belajar seumur hidupnya.

Dan perlu diingat juga dalam firman Allah yang pernah kita baca yang intinya adalah; kita ini diciptakan Allah adalah untuk ibadah kepada-Nya. Bukankah kita pernah mendengar bahwa; Sembahlah Tuhanmu sampai datang kepadamu kematian.

Nah jika Ilmu itu sudah kita miliki baik ilmu dunia maupun ilmu akhirat, kemudian Ibadah kita sudah benar sesuai dengan tuntunannya, maka tidak usah ditanyakan lagi dan tidak diragukan lagi bahwa yang bersangkutan pasti mempunyai kebaikan dunia dan kebaikan akhirat. Dan terpuji di dunia serta bahagia di akhirat.

 

Demikian terima kasih semoga artikel ini manfaat.

Baca juga : https://www.fiqih.co.id/