Skip to main content

segala sesuatu tentang gunung

Auto Draft

6 Langkah Merawat Laptop Gaming Agar Tidak Cepat Rusak

Game kini sudah menjadi gaya hidup sehari- hari bahkan beberapa orang menjadikan ini untuk mencari pundi – pundi uang. Hal yang penting di dalam bermain game adalah perangkatnya yakni laptop. Laptop gaming ini pada dasarnya sama dengan komputer gaming, hanya saja berbeda spesifikasi dengan laptop pada umumnya. 

Spesifikasi yang di pakai ini tinggi menjadikan siapa pun yang menggunakan tidak akan mengalami masalah. Pemakaian dalam keseharian sangat perlu sekali dilakukan perawatannya. Karena bila tak dilakukan perawatan secara berkala bisa membuat laptop gaming tersebut bermasalah. 

Banyak loh para gamer ini cuek sekali melakukan perawatan salah satu alasan adalah kesibukan bermain sehingga lupa waktu. Dan ujung – ujungnya tak sedikit yang mendapati laptop yang digunakan hang atau ngelag, bahkan mengalami kerusakan pada komponen mulai dari keyboard, harddisk, baterai.

Auto Draft

Tak bisa di pungkiri kalau berang elektronik lambat laun akan mengalami kerusakan atau aus. Namun sebenarnya hal seperti itu bisa dicegah sehingga tak harus membawa ke service laptop atau jasa service komputer langganan anda. Lalu bagaimana cara merawatnya??

1. Pakai pendingin tambahan

Semua laptop gaming telah dibekali dengan kipas. Tujuannya adalah untuk mendinginkan dan membuang aliran panas yang ada di dalam komponen. Awal mulanya mungkin akan berjalan dengan baik namun lambat laun kinerja kipas ini akan berkurang. Maka dari itu agar menjaga semua komponen tetap terjaga dengan baik ada baiknya menambahkan dengan kipas external. Dengan adanya kipas tambahan proses pendinginannya pun akan semakin maksimal. Selain itu hal perlu diperhatikan adalah kipas tersebut masih berfungsi dengan baik tidak. Bila dirasa sudah tidak bagus ada baiknya di ganti.

2. Jaga Kebersihan

Banyak orang yang menyepelekan persoalan kebersihan laptop gaming sendiri. Debu yang tidak bisa terlihat ini lambat laun bisa menumpuk di berbagai tempat mulai dari layar lcd, keyboard, casing, harddisk, ram, motherboard dan semua sisi bagian dalam laptop sendiri. Kalau debu di biarkan terus maka proses pembuangan panas akan mengalami masalah sehingga mengganggu kinerja bahkan bisa mengakibatkan overheat/ panas berlebihan. Kotoran yang ada di bagian luar bisa merusak pemandangan dan bila sudah masuk di sela – sela keyboard malahan dapat merusaknya juga.

3. Pakai dengan bijak

Cara penggunaan laptop gaming sangat berpengaruh dengan umur pakainya. Maka dari itu gunakan dengan benar. Yang paling sering jangan letakkan di atas kasur bila sedang main game. Bahan lembut ini akan menahan panas yang keluar mengakibatkan tidak terbuang dengan sempurna dan mengakibatkan cepat panas.

Selain itu ketika laptop masih menyala sebisa mungkin tidak untuk memindahkan. Sebab bila ini dilakukan maka hardisk dapat tergores. Saat sedang digunakan ada baiknya tidak juga mencharger karena ini akan memperpendek umur dari baterai tersebut.

4. Atur waktu

Bermain game itu menyenangkan sampai – sampai lupa waktu bukan?? Bila anda bermain game yang berat – berat ada baiknya untuk berhenti beberapa saat. Ini dilakukan agar komponen laptop bisa beristirahat. Selain baik untuk perangkat sendiri pastinya baik juga untuk kamu.

5. Pakai External Keyboard

Bermain game ini bikin menegangkan sehingga terkadang lupa kontrol salah satunya ketika menekan tombol pada keyboard. Ada baiknya ketika bermain game di sarankan memakai keyboard tambahan. Memang harus mengeluarkan biasa lebih, namun cara ini bisa memperpanjang umur keyboard sendiri.

6. Cek suhu

Jangan sampai lupa untuk mengecek suhu yang ada. Bisa memakai aplikasi CPUID Hardware Monitor. Disini akan terlihat suhu panas secara real time. Sehingga bila terlihat suhu meningkat maka baiknya diistirahatkan dulu.

Meskipun sudah merawat dengan baik ternyata masih rusak juga maka itu baiknya untuk membawa ke reparasi terpercaya seperti service laptop online jakarta yang bisa di kontak sesuai nomor telpon tertera di webnya. Serahkan saja pada ahlinya anda masih bisa mengerjakan pekerjaan lainnya sehingga anda tetap produktif.