Skip to main content

segala sesuatu tentang gunung

Auto Draft

7 Situs Warisan UNESCO di Dunia Yang Sangat Rekomended Untuk Dikunjungi

 

UNESCO atau United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization merupakan badan khusus PBB yang didirikan pada 1945 dengan tujuan mendukung perdamaian dan keamanan dengan mempromosikan kerjasama antar negara melalui pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya, dalam rangka meningkatkan sikap saling menghormati dan mengamankan warisan budaya.

Situs warisan dunia UNESCO memiliki tiga kategori utama, kategori situs budaya, alam, dan campuran diantara keduanya. Tempat-tempat yang termasuk dalam kategori tersebut bisa jadi itu Taman Nasional, Gunung, Bagunan Sejarah, Pulau, Gurun, dan lainnya. Terdapat berbagai banyaknya jumlah warisan UNESCO di Dunia.

Berikut adalah 7 warisan dunia budaya UNESCO yang bisa menjadi rekomendasi wisata tujuan liburan kamu.

1. Bagan

Auto Draft

Bagan merupakan warisan budaya di Myanmar yang menampilkan beranekaragam seni dan arsitektur Buddha yang luar biasa. Bagan adalah kota kuno yang berada di Myanmar dengan ratusan kuil Buddha, stupa, pagoda, dan biara-biara. Warisan ini sudah ada sejak abad ke-11 hingga ke-13 Masehi.

2. Taman Nasional Vatnajökull

Auto Draft

Taman Nasional Vatnajökull merupakan salah satu dari tiga taman di Islandia. Taman ini memiliki pemandangan yang sangat indah mencakup 10 gunung berapi dan 8 diantaranya adalah sub-glasial. Di taman ini pengunjung dapat menikmati pemandangan sungai, es glasial, gunung berapi dan aktivitas geotermal.

3. Writing-on-Stone

Auto Draft

Situs Warisan Dunia UNESCO ini terpencar memagari area padang rumput di taman Alberta seluas 17,8 kilometer persegi. Deretan batu berelief nan purba ini dianggap begitu keramat bagi mereka. Warisan dunia ini memiliki sekitar 50 batu yang berdiri dengan ukiran yang khas dan di ukir dengan tangan bahasa kuno Blackfoot dan Niat Sitapi.

4. Seowon, Akademi Neo-Konfusianisme Korea

Auto Draft

Pemandangan yang sangat indah dengan desain untuk tempat pendidikan ini terletak dibagian tengah dan selatan korea. Tempat ini terdapat 9 seowon yang merupakan tempat pendidikan Neo-Konfusianisme dari dinasti Joseon pada abad ke-15 hingga ke-19 Masehi.

Tempat ini memiliki metode pendidikan seperti pembelajaran, pemujaan para cendekiawan, dan sarana interaksi dengan lingkungan. Bangunan tempat ini berbentuk paviliun yang berguna memfasilitasi koneksi dengan alam

5. Tempat Suci Bom Jesus do Monte

Auto Draft

Bom Jesus do Monte adalah tempat ziarah Portugis di Tenões, di luar kota Braga, utara Portugal. Tempat ziarah ini adalah salah satu tempat ziarah terpenting yang memiliki tangga bergaya Barok dan memiliki ketinggian tangga sekitar 116 meter. Tempat ini dibangun guna membangkitkan Kristen Yerusalem. Bangunan dengan gaya baroque dikembangkan selama 600 tahun.

6. Sistem Pengelolaan Air di Augsburg

Auto Draft

Sistem Pengelolaan Air di Augsburg, Jerman juga ditetapkan sebagai warisan dunia terbaru UNESCO. Sistem pengelolaan air ini dibangun pada abad ke-14 yang telah membantu Augsburg sebagai pelopor pembangkit listrik tenaga air.

Sistem ini gw termasuk jaringan kanal, menara air yang berasal dari abad ke-15 sampai ke-17, yang berguna untuk memompa mesin, aula tukang daging berpendingin air, sistem tiga air mancur monumental dan pembangkit listrik tenaga air, yang terus memberikan energi yang berkelanjutan.

7. Candi Borobudur

Auto Draft

Pastinya sudah tidak asing lagi bagi kalian, Tempat yang satu ini telah menjadi bagian dari warisan budaya dunia UNESCO pada 1991. Candi Buddha terbesar di dunia ini berdiri sangat megah dan kokoh di atas sebuah bukit yang dikelilingi oleh pegunungan. 

Candi Borobudur menghadirkan wisata sejarah dan budaya ditemani dengan pemandangan alam yang begitu indah. Dibagian puncaknya, pengunjung dapat menikmati suasana pemandangan matahari terbit dari sela-sela perbukitan yang pastinya dijamin akan terpesona dengan keindahannya